7 Top Skill yang Harus Dimiliki oleh Seorang Leader

leadershipp skill

leadership skill

Sumber: Envato

Siapa pun memiliki kesempatan dan potensi untuk menjadi seorang leader. Namun, hanya sebagian yang memiliki bakat dan “bawaan lahir” untuk menjadi seorang leader. Walau begitu, skill menjadi seorang leader dapat dipelajari sehingga siapa pun tetap dapat mengasah dan mempersiapkan dirinya menjadi seorang leader.

leadershipSumber : Envato

Lantas, apa saja skill yang harus dimiliki seorang leader?

1.   Komunikasi

Seorang leader berada di titik tengah. Leader harus mampu menjadi penengah antara orang-orang yang berada di dalam timnya dan para stakeholders lainnya, terutama jajaran pemimpin dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Kunci untuk menjadi jembatan yang baik ini diawali dengan kemampuan berkomunikasi. Seorang leader harus dapat menyampaikan pesan dan informasi dengan jelas kepada orang-orang dengan berbagai latar belakang. Saat berbicara dengan direktur dan anggota tim yang masih muda misalnya, tentu pendekatannya berbeda.

2.   Relationship

Tanggung jawab leader adalah dapat mencapai tujuan bersama sekaligus mengakomodasi berbagai kebutuhan dari timnya yang berbeda-beda. Tanpa hubungan yang solid, sebuah tim pasti akan kesulitan untuk mencapai sebuah tujuan bersama yang diharapkan.

Pendekatan yang harus Anda lakukan untuk membangun relationship yang baik antar individu pun tidaklah mudah. Namun, tantangan tersebut dapat menjadi seni tersendiri. Anda harus cermat dalam bertindak dan melakukan pendekatan sehingga setiap orang merasa nyaman dan percaya pada Anda.

3.   Delegasi

Tidak semua tugas bisa Anda selesaikan sendiri karena keterbatasan waktu, tenaga, hingga skill. Maka dari itu, Anda harus memiliki skill delegasi kepada anggota tim yang baik. Walau sepintas terlihat mudah “membagi tugas” kepada orang lain, nyatanya ada banyak hal yang harus benar-benar Anda pertimbangkan dengan matang.

Pertama, lihat seberapa besar impact dan cakupan tanggung jawab tugas tersebut—apakah memang bisa atau perlu didelegasikan atau justru sebaiknya tidak didelegasikan? Selain itu, perhatikan kondisi tim. Pastikan Anda mendelegasikan tugas secara adil, sesuai dengan kemampuan dan tanggung jawab masing-masing anggota tim.

4.   Motivasi

Mengelola orang tidaklah gampang. Pasalnya, seorang individu sangatlah dinamis. Anda tidak selalu tahu bagaimana perasaan atau mood tiap anggota tim di tiap saat, masalah apa yang mereka hadapi, apa yang sedang menjadi beban dan pikirannya, dan lain-lain.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa seorang leader harus bisa memberi motivasi kepada anggotanya. Berikanlah apresiasi atas pencapaian maupun usaha yang mereka lakukan. Jika Anda menyadari ada demotivasi di tengah rutinitas harian anggota tim, Anda dapat menawarkan bantuan dan sesi 1 on 1 untuk mengembalikan motivasinya.

5.   Problem Solving

Memberi solusi atas sebuah permasalahan dalam tim adalah salah satu tugas inti seorang leader. Jenis konflik yang dapat terjadi pun sangat beragam sehingga penyelesaian konflik satu dengan lainnya tidaklah sama.

Anda dituntut mampu melihat sebuah permasalahan dari berbagai sudut pandang secara menyeluruh dan berkepala dingin. Dengan begitu, masalah dapat diselesaikan secara rasional dan adil. Dalam menyelesaikan sebuah permasalahan pun, Anda harus mampu menilai dan mengatasinya secara objektif.

6.   Decision Making

Membuat sebuah keputusan tidak selalu mudah—tiap pilihan pun memiliki konsekuensinya masing-masing. Untuk dapat menghasilkan keputusan terbaik, Anda pun harus dapat berpikir kritis dan panjang. Sikap tegas dalam mengambil keputusan juga menyimbolkan seberapa kuatnya Anda menjadi seorang leader.

Keputusan efektif yang harus diambil dalam waktu singkat pun jadi tantangan lainnya. Hal ini bisa Anda peroleh dengan terus berlatih menganalisis situasi dari berbagai perspektif secara tepat.

7.   Coaching dan Mentoring

Seorang leader yang baik adalah leader yang mampu menghasilkan leader berkualitas berikutnya. Oleh karena itu, Anda harus mampu membimbing anggota tim, baik dari sisi hard skill maupun soft skill.

Itulah beberapa skill yang harus dimiliki seorang leader. Keterampilan ini pun dapat dipelajari sehingga siapa pun bisa menjadi seorang leader.

Untuk mendukung komunikasi dan tugas-tugas Anda sebagai leader dengan anggota tim dan berbagai stakeholders lain, Nusanet menghadirkan layanan internet yang cepat, aman, dan stabil berikut dukungan servis 24 jam. Hubungi tim kami untuk informasi selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *