Kelebihan Apple Update iOS 18, Ada di Seri Apa Saja?

Apple

Daftar Isi

Meta: iOS 18 telah resmi tersedia di beberapa tipe iPhone. Lalu, apa saja kelebihan Apple Update iOS 18 ini? Apa saja tipe iPhone yang masih mendukung update ini?
Sumber : Apple

iOS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple Inc. yang dirancang khusus untuk iPhone dan iPad. Menggabungkan inovasi teknologi yang canggih, iOS terus mengalami perkembangan, menghadirkan fitur baru dan memperbaiki berbagai aspek yang ada. Setiap pembaruan iOS menawarkan peningkatan performa, keamanan, dan optimalisasi aplikasi.

Kelebihan Apple update iOS 18 menjadi sorotan utama dalam versi terbaru kali ini. Pembaruan ini tidak hanya meningkatkan antarmuka pengguna, tetapi juga mengenalkan fitur baru yang mendukung produktivitas, keamanan data, dan integrasi yang lebih optimal.

Sumber : Daily Express

Fitur Baru di IOS 18

Lalu, apa saja fitur terbaru yang ada di iOS 18 kali ini? Sebagai gambaran, berikut ini fitur baru yang bisa kamu dapatkan dengan memperbarui sistem operasi iOS 18:

1. Home Screen yang bisa dikustomisasi

Pada iOS 18 ini, kamu bisa mengatur banyak hal pada bagian Home Screen. Mulai dari mengatur warna ikon ke versi gelap (dark mode), mengubah letak ikon aplikasi, mengganti ukuran ikon, hingga mengatur ukuran widget sesuai preferensi.

2. Kustomisasi Control Center

Tidak hanya Home Screen, kelebihan Apple update iOS 18 juga membuat pengguna bisa melakukan pengaturan pada bagian Control Center. Pada iOS versi sebelumnya, bagian ini tidak bisa diubah. Sekarang, hadirnya iOS 18 membuat kamu dapat mengatur sendiri letak, menambah tombol pengaturan, dan mengubah ukuran. 

3. Mengunci aplikasi

iOS 18 juga menawarkan fitur mengunci aplikasi atau Lock Apps. Apabila ingin mengakses aplikasi yang terkunci, kamu memerlukan Face ID atau kata sandi yang sebelumnya telah diatur. 

4. Mode Game

Fitur ini membuat pengguna bisa memperoleh frame rate yang lebih mumpuni dan tentu lebih stabil ketika iPhone dipakai untuk main gim. Fitur ini bekerja dengan menurunkan background apps yang sedang running. Tidak hanya itu, fitur ini juga menurunkan latensi yang muncul dari AirPods atau perangkat nirkabel lain, misalnya bluetooth joystick.

Dukungan AI pada Apple Intelligence

Berkompetisi dengan Google dan Samsung sebagai pesaing kuat, kelebihan Apple update iOS 18 ini juga termasuk dukungan AI yang dinamai Apple Intelligence. Berikut beberapa fitur AI yang tersedia di versi iOS terbaru ini.

1. Tools Writing

Dukungan AI pada Writing Tools tersedia di aplikasi Safari, Notes, Mail, bahkan kabarnya juga bisa digunakan untuk aplikasi pihak ketiga (third party apps). Alat ini dapat membantu mengecek teks dan menulis kembali dengan bahasa dan struktur yang berbeda. Selain itu, kamu juga bisa membuat transkrip audio dan meringkas teks panjang pada email.  

2. Pengolah Gambar dan Video

Selanjutnya, AI pada Pengolah Gambar yang didukung oleh fitur menarik, misalnya Image Wang yang dapat mengenali sekaligus membuat gambar di aplikasi Notes. Ada pula Image Playground yang dapat membuat gambar yang sesuai perintah. 

Dukungan AI juga memungkinkan koreksi foto, misalnya menghilangkan objek di aplikasi Photos dari iPhone. Kamu pun dapat membuat video pendek dari banyak foto dan mencari foto yang sesuai berdasarkan kata tertentu pada deskripsi. 

3. Pemutakhiran Siri dan Integrasi ChatGPT

Adanya Apple Intelligence yang menjadi kelebihan Apple update iOS 18 kali ini juga berdampak pada peningkatan kapabilitas interaksi Siri dengan pengguna. Sekarang, Siri bisa berinteraksi melalui suara, tetapi juga teks. 

Sebagai penyempurna pembaruan sistem, Apple turut menghadirkan ChatGPT pada Tools Writing dan Siri. Integrasi ini membuat Siri bisa mengakses ChatGPT sehingga mampu menjawab pertanyaan dengan lebih baik. Lebih lanjut, integrasi ini juga membuat Writing Tools memiliki kemampuan lebih mumpuni untuk menciptakan konten.

Ada di iPhone Seri Apa Saja?

Bersama dengan rilisnya iOS 18, Apple turut menyebutkan seri iPhone yang masih bisa mendapatkan dukungan sistem ini. Seri iPhone paling lama yang mendapatkan versi iOS 18 adalah X (Xr, XS, XS Max), SE 2, SE 3, dan Series 11. Selain tiga seri tersebut, seri iPhone yang masih bisa merasakan kelebihan Apple update iOS 18 adalah Series 12, Series 13, Series 14, dan Series 15.ย 

Butuh koneksi internet cepat dan stabil untuk download dan update iOS 18 di iPhone-mu? Jangan ragu untuk pakai Nusanet. Sebagai salah satu penyedia internet tepercaya, Nusanet tidak hanya menyediakan koneksi stabil dengan harga terjangkau, tetapi juga bebas iklan dan dukungan profesional yang siap membantu. Yuk, kunjungi produk internet WiFi Nusanet sekarang!

Bagikan artikel ini

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *