Penggunaan Aplikasi HR untuk Kinerja yang Lebih Efisien

HR

Daftar Isi

Zaman sekarang masih kelola absensi dan gaji karyawan secara manual? Kenapa nggak pakai aplikasi HR saja, untuk kinerja HRD yang lebih praktis dan efisien? Pasalnya, beberapa perusahaan modern, mungkin sudah pakai software ini lho!

Software atau aplikasi HR dan payroll itu apa sih? Apa fungsi, fitur, hingga cara kerjanya? Sepenting apa, Aplikasi atau software HR dan payroll ini untuk perusahaan?

Sebelumnya, software HR (Human Resource) sendiri merupakan perangkat lunak atau software, yang bisa digunakan baik perusahaan kecil, menengah hingga besar, untuk keperluan pengelolaan karyawan.

aplikasi

Definisi Software HR

Software HR (Human Resources) adalah program komputer yang digunakan untuk mengelola dan mengatur data karyawan, serta proses-proses yang berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia.

Software ini dapat digunakan untuk mengelola data karyawan seperti informasi kontak, riwayat pendidikan, dan keterampilan, serta untuk mengatur proses-proses seperti perekrutan, pengembangan karir, dan pemberian promosi.

Software HR juga dapat digunakan untuk mengelola absensi karyawan, pengaturan jadwal kerja, dan mengelola cuti karyawan. Beberapa software HR juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti manajemen kinerja, manajemen kompensasi, dan yang paling banyak dibutuhkan adalah manajemen gaji (payroll).

Terlebih, gaji sangat berkaitan dengan angka dan uang, sehingga perhitungannya harus akurat. Akurat saja tidak cukup, tapi harus bisa menghitung dengan cepat dan tepat, sesuai dengan data masing-masing karyawan.

Pasalnya, perhitungan payroll gaji karyawan, akan terintegrasi dengan data absensi hingga kinerja, yang tersimpan di dalam software HR tersebut.

Apa Itu Software Payroll?

Masih menjadi satu kesatuan dengan software HR atau menjadi salah satu fiturnya , software payroll sendiri adalah program komputer, yang digunakan untuk mengelola dan mengatur pembayaran gaji karyawan, serta pajak yang harus dibayar oleh perusahaan.

Software ini dapat digunakan untuk mengatur data karyawan, menghitung gaji, dan mencetak slip gaji. Software payroll juga dapat digunakan untuk menghitung dan mencatat pajak, hingga mencatat pengeluaran karyawan seperti iuran BPJS ketenagakerjaan dan kesehatan.

Tapi, tidak hanya itu saja manfaat penggunaan software HR dan payroll. Karena masih ada lagi manfaat dan fitur-fitur lainnya, yang biasanya ditawarkan jasa software HR dan payroll Indonesia.

Manfaat Software HR

Software HR (Human Resources) dapat memberikan banyak manfaat bagi perusahaan, di antaranya:

  • Mengelola data karyawan: Software HR dapat digunakan untuk menyimpan dan mengelola data karyawan, seperti informasi kontak, riwayat pendidikan, dan riwayat pekerjaan.
  • Perencanaan karir: Software HR dapat membantu perusahaan dalam merencanakan karir karyawan dan menentukan posisi yang sesuai dengan kemampuan dan minat karyawan.
  • Perencanaan kebutuhan tenaga kerja: Software HR dapat digunakan untuk memprediksi kebutuhan tenaga kerja di masa depan dan mengatur perekrutan karyawan baru.
  • Penilaian kinerja: Software HR dapat digunakan untuk menilai kinerja karyawan dan memberikan umpan balik yang dibutuhkan untuk peningkatan kinerja.
  • Pengelolaan gaji dan tunjangan: Software HR dapat digunakan untuk mengelola gaji dan tunjangan karyawan, termasuk pembayaran gaji dan pengelolaan cuti.
  • Pengelolaan pelatihan: Software HR dapat digunakan untuk mengelola pelatihan karyawan dan menentukan pelatihan yang dibutuhkan untuk peningkatan kompetensi karyawan.
  • Pengelolaan absensi: Software HR dapat digunakan untuk mengelola absensi karyawan dan mengatur pengajuan cuti.
  • Peningkatan komunikasi: Software HR dapat digunakan untuk meningkatkan komunikasi antara perusahaan dan karyawan, seperti melalui sistem pesan internal atau forum diskusi.

Kalau sudah tahu manfaatnya, kira-kira sudah tertarik untuk menggunakan software HR belum nih? Jika belum, Anda mungkin bisa intip informasi terkait perbedaan mengelola SDM dengan menggunakan software, dan mengelola secara manual berikut ini!

Mengelola SDM Pakai Software HR Vs Manual

Ada beberapa perbedaan utama antara mengelola SDM (Sumber Daya Manusia) dengan menggunakan software HR dan mengelolanya secara manual:

  • Kecepatan dan efisiensi: Software HR dapat memproses data dan melakukan tugas-tugas seperti perekrutan, penilaian kinerja, dan pengelolaan gaji dengan lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan metode manual.
  • Akurasi data: Software HR dapat memastikan data karyawan yang tersimpan adalah akurat dan dapat diakses dengan mudah. Sedangkan pengelolaan manual seringkali bersifat subjektif dan kurang terstruktur.
  • Analisis data: Software HR dapat menyediakan laporan dan analisis data yang berguna untuk membuat keputusan strategis dan perencanaan SDM. Sedangkan pengelolaan manual hanya dapat menyediakan data yang terbatas.
  • Scalability: Software HR dapat diakses dari berbagai perangkat dan dapat digunakan untuk mengelola jumlah karyawan yang besar, sementara pengelolaan manual hanya dapat digunakan untuk jumlah karyawan yang terbatas.
  • Komunikasi: Software HR dapat digunakan untuk meningkatkan komunikasi antara perusahaan dan karyawan, seperti melalui sistem pesan internal atau forum diskusi. Sedangkan pengelolaan manual hanya dapat dilakukan secara langsung.
  • Keterlacakan: Software HR dapat melacak setiap tindakan yang dilakukan oleh karyawan, sementara pengelolaan manual tidak dapat melakukan itu.

Cepat atau lambat, teknologi akan terus berkembang dan Anda pasti akan membutuhkan software HR dan payroll yang tepat, serta bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Sejauh ini, sudah banyak software HR dan payroll di Indonesia yang bagus, namun dari banyaknya pilihan, kamu bisa coba gunakan software HR dari Nusawork. Mengapa?

Karena Nusawork bisa memberikan solusi payroll dan distribusi slip gaji secara otomatis, ke semua karyawan, dengan mudah, akurat, dan cepat! Software HR berbasis web dan aplikasi Nusawork ini juga membantu perusahaan untuk mengatasi permasalahan operasional harian karyawan. Mulai dari absensi Hybrid, kelola cuti, sistem approval hingga perhitungan penggajian.Pembuatan payroll dan payslip dengan software HR Nusawork, juga bisa terintegrasi dengan absensi real time, sehingga perhitungan jumlah jam dan hari kerja bisa lebih akurat.

Nusawork juga memiliki fitur-fitur yang mumpuni untuk segala penghitungan, sepertiย  penggajian karyawan (payroll), PPH 21, BPJS. Selain itu, juga ada fitur laporan atau rekap, sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Seperti rekap presensi karyawan dan rekap gaji karyawan sehingga dapat membantu bagian Finance dalam melakukan pembukuan.

Penasaran terkait Aplikasi HR di era digital ini? Baca Artikel lainnya disini yuk!

Bagikan artikel ini

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *