Terdapat banyak hal yang menyebabkan website atau situs Anda tidak bisa diakses. Bagaimana Anda mengetahui penyebab masalahnya jika terdapat pesan-pesan error seperti “404 Not Found”, “403 Forbidden”, “500 Internal Server Error” dan lain sebagainya muncul dilayar browser. Beberapa hal yang harus diperiksa dan lakukan pada saat website atau situs Anda sulit diakses adalah:
- Cek koneksi internet Anda, apakah bisa mengakses ke web lain atau tidak.
- Ping ke domain Anda dengan menggunakan Command Prompt: ping -t www.domain.com
- Gunakan fasilitas tracker dari https://tools.pingdom.com/ping/ untuk memeriksa website Anda.
- Bersihkan browser cache Anda, ada kemungkinan Anda masih menyimpan halaman web lama Anda yang belum terupdate.
- Jika masalah tetap tidak teratasi, Anda bisa cek menggunakan ISP lain atau network lain. Cara mengetahuinya seperti ini: Misal Anda bisa mengakses web dari koneksi internet rumah, tetapi tidak bisa mengakses dari koneksi internet kantor, maka yang bermasalah adalah ISP kantor dan tidak ada masalah di server, atau IP kantor terblokir.
- Restart modem/router dan komputer Anda dan scan virus, ada kemungkinan komputer Anda terdapat virus yang mengirimkan paket serangan ke server sehingga IP Anda terblokir.
- Refresh browser Anda, gunakan browser versi terbaru dan selalu terupdate. Force refresh dengan menekan tombol CTRL dan F5.
- Jika masalah masih tidak teratasi, silahkan hubungi kami, dengan senang hati Kami selalu membantu Anda.
Kompleks Multatuli Indah, Blok D No. 1 Medan 20151 – Indonesia
Phone : +62 61 4558100 ; +62 61 30018200
WhatsApp Helpdesk: 081 98 54321 (Tidak Bisa di Call)
Web : https://mdn.nusa.net.id