Yuk, Ikuti Tips Berikut Biar Video Conferencing mu Berkualitas

April 20, 2020
Timmie

Covid-19 telah mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan, kini kegiatan work from home yang bahkan tidak pernah kita bayangkan sebelumnya justru tengah kita lakukan. Mengerjakan tugas kantor, meeting dengan klien, kini kita mulai terbiasa melakukannya dari rumah. Namun bekerja di rumah tidak selalu terlihat menyenangkan, salah satu contohnya ketika akan megadakan meeting dengan klien atau rekan kerja melalui video conference, pasti ada saja gangguan dari sekitar, entah itu anak Anda yang sedang menangis, atau berlari sambil berteriak, atau anjing Anda yang tiba tiba menggonggong, hingga gangguan-gangguan lainnya yang tak terduga yang dapat membuat rekan Anda merasa sedikit tidak nyaman.

Namun selain daripada itu, bila Anda mengamati sedikit, kadangkala masih ada beberapa hal yang mengganggu kegiatan video conferencing kita menjadi sedikit tidak nyaman. Maka dari itu, Yuk Ikuti Tips Berikut Biar Video Conferencing mu Berkualitas:

  1. Pilih Lokasi yang Nyaman
    Sadar tidak sadar banyak yang tidak menyadari ini, lokasi tempat kita bekerja di rumah mungkin terlihat nyaman bagi kita, namun bisa jadi tidak bagi orang lain. Apabila Anda menggunakan laptop, maka letakkanlah di meja atau tempat yang datar, selain itu jangan membelakangi cahaya. Carilah tempat dengan penerangan yang cukup agar wajah Anda dapat terlihat jelas saat Video Conference. 
  2. Invite Anyone, Anytime
    Meeting itu tidak harus selalu terjadwal, kapanpun Anda memerlukan koordinasi langsung dengan tim Anda, baiknya hubungi mereka secara langsung. Isu-isu kompleks hingga brainstorming ide baru baiknya dilakukan melalui video conferencing, jangan pernah merasa sungkan atau segan!
  3. Sekeliling Anda terlalu berisik? Nyalakan fitur caption!
    Google Meet merupakan salah satu penyedia layanan Video Conference yang ternyata memiliki fitur caption. Jadi meskipun sekeliling terlalu berisik sehingga Anda tidak dapat mendengar secara jelas, fitur caption dapat membantu Anda.
  4. Share Screen yang Anda perlu tunjukkan
    Anda ingin sekali mem-presentasikan layar Anda, namun hal tersebut malah membuat segala sesuatu yang ada di monitor Anda jadi kelihatan, tentu tidak nyaman ketika orang lain bisa melihat pesan pribadi atau email pribadi yang masuk. Bersyukur ternyata Google Meet memberikan pilihan bagi kita, share 1 window yang memang hendak Anda sajikan tanpa harus khawatir rekan/client Anda dapat melihat hal-hal lain dari monitor Anda.
  5. Change the Screen Layout, as you wish!
    Tidak masalah saat ada presentasi tapi Anda tetap ingin fokus pada diskusi yang sedang berlangsung, Anda bisa mengubah layout sehingga Anda tetap bisa fokus terhadap diskusi. Tentunya bisa dilakukan dengan sangat mudah.
  6. Be Real
    Terlepas dari peraturan dari perusahaan, tidak masalah sih kalau harus menunjukan the real you apalagi ketika sedang dirumah. Tidak masalah juga bila anak Anda ikut bersemangat dan menyapa rekan kerja Anda.

Terimakasih sudah membaca tips-tips diatas, yuk mari kita bekerja lebih giat hingga pandemi ini berakhir, jangan putus harapan!

Sumber artikel: Google

Ikuti update terbaru dari Nusanet disini:

LinkedIn
YouTube
Instagram

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *