Clickbait: Pengertian dan Cara Menggunakannya dengan Tepat

Bagaimana clickbait bekerja meningkatkan jumlah audiens Anda?

Pengguna internet kerap memandang negatif penulisan judul konten demikian. Sebagian berpendapat konten yang ditulis dengan judul tersebut seringkali tidak memiliki kesesuaian antara judul dan isi. Padahal, jika digunakan dengan tepat, Anda bisa memperoleh manfaat besar dari cara ini.

Pengertian Clickbait

Merujuk pada suatu judul konten yang sengaja ditulis menarik sehingga memancing tindakan klik dari orang yang melihatnya. Indikator keberhasilan judul konten tersebut dihitung dari jumlah klik yang terus bertambah.

Anda dapat menjumpai judul konten yang ditulis seperti ini pada berbagai konten. Sebut saja, judul berita, video, sampai postingan blog. Semua titel tersebut ditulis dengan cara serupa, yaitu mengundang rasa ingin tahu dan penasaran audiens, ada kecenderungan melibatkan emosi audiens, serta menampilkan gambar yang mudah diingat.

Dengan kata lain, judul clickbait digunakan sebagai salah satu strategi content marketing. Namun, belakangan fungsi penulisan judul konten memancing ini bergeser. Pembuat konten kerap fokus pada jumlah klik semata alih-alih kesesuaian dengan isinya.

Akibatnya, Anda sering mendapati berita berjudul bombastis, tetapi setelah dibaca tidak ada keterkaitan dengan judul yang ditulis. Kesal, sebal, dan kecewa boleh jadi menghinggapi perasaan Anda. Maka, penting untuk tahu bagaimana cara menggunakannya dengan tepat agar strategi content marketing Anda berjalan efektif.

Cara Menggunakan Clickbait dengan Tepat

Supaya Anda tidak terjebak dalam “tren” penulisan judul yang berlebihan, begini cara menggunakan clickbait dengan tepat.

  1. Cari mana bagian paling menarik dari konten Anda dan jadikan bagian tersebut sebagai judul, serta coba kaitkan dengan kebutuhan audiens yang menjadi target konten.
  2. Pancing lewat teka-teki sehingga memancing rasa penasaran audiens untuk mencari tahu jawabannya dengan membuka konten. Anda dapat memberikan value berupa informasi sekaligus memperoleh lebih banyak klik untuk menjangkau calon konsumen potensial.
  3. Pakai kalimat yang memancing emosi secara tepat. Namun, jangan terlalu menakut-nakuti audiens, sampaikan pula mereka bisa menemukan solusinya dalam konten tersebut. Misalnya, “Internet Tiba-tiba Mati? Tenang Dulu, Cek Solusinya di Sini!
  4. Libatkan audiens melalui pemakaian kata ajakan yang sesuai, seperti yuk, ayo, simak, pelajari, dst.
  5. Terapkan prinsip copywriting dalam penulisan judul, yaitu singkat, relevan, unik, dan bermanfaat. Dengan cara ini Anda bisa menciptakan judul konten menarik tanpa kesan berlebihan.

Demikian cara menggunakan clickbait secara tepat sehingga bisa menyasar target audiens sekaligus menjangkau calon konsumen potensial. Supaya Anda mudah mengunggah konten ke website atau media sosial, hanya pakai internet provider andalan seperti Nusanet. Yuk, hubungi helpdesk 24 jam kami untuk berlangganan sekarang!

2 thoughts on “Clickbait: Pengertian dan Cara Menggunakannya dengan Tepat

    1. Apakah ada contact yang bisa di hubungi? kalau tidak kami akan menyampaikan informasi melalui email yah pak/bu.
      Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *