Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Buat Blog di Blogger

blog

Buat Blog di Blogger jadi salah satu pilihan terbaik bagi yang ingin berkarya di dunia internet. Namun, pastikan kamu tahu kelebihan dan kekurangannya.

Masih bingung ingin menggunakan content management system (CMS) apa untuk blog kamu? Buat blog di Blogger bisamenjadi salah satu pilihan terbaik buat yang ingin berkarya di dunia internet. Platform ini cukup mudah digunakan, bahkan bagi pemula sekali pun. Namun, sebelum memilih Blogger ada baiknya kamu mengenal kelebihan dan kekurangannya sehingga tahu apakah sesuai dengan kebutuhanmu atau tidak.

Tentang Blogger

blog

Di antara CMS yang ada, Blogger merupakan salah satu platform terbesar yang cukup banyak penggunanya. Platform ini merupakan salah satu media blogging yang bisa digunakan untuk menyalurkan kreativitas . Tidak hanya berupa tulisan, foto maupun video juga bisa diunggah di sana. Bahkan, kamu juga bisa mendapat penghasilan dari platform tersebut.

Kelebihan Buat Blog di Blogger

Ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan apabila kamu buat blog di Blogger dibandingkan dengan platform blogging lainnya. Apa saja?

1.     Gratis Tanpa Biaya

Salah satu alasan Blogger menjadi platform yang banyak penggunanya ialah tidak adanya biaya yang harus dikeluarkan untuk mengaksesnya. Selain bisa digunakan secara bebas, kamu juga bisa membuat lebih dari satu blog. Setiap akun bahkan mendapatkan free space sebesar 15Gb, subdomain blogspot gratis, serta unlimited bandwidth.

2.     Penggunaannya Mudah

Buat yang baru berencana membuat blog, jangan khawatir ketika memilih platform ini. Fitur-fitur Blogger terbilang sangat mudah dan praktis digunakan, bahkan bagi pemula sekalipun. Tanpa menambahkan software lain, kamu sudah bisa memiliki akun blog-mu sendiri dengan mudah.

3.     Bisa Membuat Domain Sendiri

Selama tidak memiliki kesamaan nama pada domain online lainnya, kamu bisa membuat domain sendiri secara gratis dengan nama domain sesuai yang diinginkan.

4.     Proses Optimasi Mudah

Tidak perlu khawatir blog yang kamu miliki akan sepi pengunjung. Blogger merupakan platform milik Google yang dapat menjangkau para pengunjung secara luas dan menyeluruh. Selama menggunakan keyword yang pas, kamu bisa mendapatkan pengunjung dan menaikkan traffic situsmu dengan cepat.

5.     Terhubung dengan Akun Google Lain

Keunggulan Blogger dibandingkan dengan platform blogging lainnya ialah terhubungnya situs blog dengan akun Google lain yang kamu miliki. Selain Gmail, blog yang ada juga bisa terhubung dengan Google Ads, Google Analytic, dan lain-lain.

6.     Template yang Beragam

Blogger menyediakan template gratis yang cukup banyak dan menarik untuk para penggunanya. Kamu tidak perlu bingung lagi untuk mencari tema yang diinginkan. Jika template yang ada tidak sesuai, kamu juga bisa dengan mudah membeli template dengan harga tertentu atau memodifikasi sendiri sesuai keinginan.

7.     Mendapatkan Penghasilan

Banyak pengguna platform Blogger yang memanfaatkan blog-nya untuk menghasilkan uang. Salah satu cara yang bisa digunakan ialah mendaftarkan akunnya pada Google Adsense. Kamu bisa mengikuti program periklanan dan menghasilkan uang tergantung dari traffic yang dimiliki.

Kekurangan Blogger

Segala sesuatu tentu tidak hanya memiliki kelebihan, tapi juga kekurangan. Begitu pula dengan platform Blogger. Berikut beberapa kekurangan buat blog di Blogger yang harus kamu ketahui;

  • Kurangnya Kepercayaan

Banyaknya konten ilegal dan pembohongan publik yang menggunakan blogspot.com membuat sebagian besar kurang memercayai isi dari setiap konten yang ada pada platform Blogger. Hal ini merupakan kesalahan para pengguna yang tidak bijak. Meski begitu, konten berisi resep masakan, tutorial dan sejenisnya masih banyak peminatnya.

Namun demikian kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya, Blogger memiliki solusi untuk mengurangi keraguan para pengunjung akan isi konten yang ada. Salah satunya, kamu bisa mengganti subdomain dengan custom domain dengan membeli domain-mu sendiri.

  • Tidak Tersedia Tag Based

Dibandingkan dengan platform lain, Blogger tidak memisahkan antara kategori dengan tag. Keduanya menjadi satu. Tidak heran jika beberapa pengguna yang ingin tampilan yang lebih menarik beralih dari Blogger ke platform lain.

  • Terikat Peraturan Google

Jika memilih platform ini, secara otomatis kamu harus menerima dan menyetujui aturan yang dibuat oleh Google sepenuhnya. Bahkan jika ada konten ilegal yang muncul secara sengaja atau tidak sengaja, Google dapat menghapusnya tanpa adanya konfirmasi.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan saat buat blog di Blogger. Tentunya kamu harus mempertimbangkan apakah platform yang kamu gunakan sesuai kebutuhan atau tidak. Semoga bermanfaat, ya!

2 thoughts on “Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Buat Blog di Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *