Mengenal Lebih Jauh Peran Digital Marketing dalam Perusahaan

Peran digital marketing dalam sebuah bisnis di era digital saat ini sangat krusial. Hal ini berlaku untuk berbagai skala usaha, mulai dari UMKM hingga enterprise. Penerapan teknik marketing modern ini pun tidak harus menunggu lama—Anda justru memerlukannya seawal mungkin agar tidak tertinggal lebih jauh oleh kompetitor.

Apa Itu Digital Marketing?

digital marketingSumber : Envato

Sederhananya, digital marketing adalah cara-cara pemasaran alias proses marketing menggunakan teknologi digital dan sangat mengandalkan internet. Channel yang bisa Anda gunakan pun sangat beragam, mulai dari Google, WhatsApp, Facebook, YouTube, Instagram, dan berbagai platform lainnya.

Seberapa Penting Peran Digital Marketing dalam Sebuah Bisnis?

what is digital marketingSumber : Envato

Setiap bisnis membutuhkan aktivitas pemasaran dan promosi agar orang dapat mengenali keberadaan bisnis dan produk yang ditawarkan. Terlebih lagi kini saat bisnis-bisnis baru terus bermunculan, Anda harus benar-benar jeli dan cermat sehingga bisa mencuri perhatian target market.

Bagaimanapun, sejak dahulu hingga sekarang, Anda harus menyesuaikan cara pemasaran dengan kebiasaan atau preferensi target pasar. Jika dahulu orang-orang suka menonton televisi dan membaca majalah, menaruh iklan di dua media tersebut akan berpotensi besar membuat orang jadi mengenal bisnis dan produk Anda.

Sementara itu, kini orang sudah beralih ke teknologi digital untuk kebutuhan sehari-hari. Sejak membuka mata di pagi hari hingga menutup mata di malam hari, teknologi digital jadi hal yang sama sekali tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat.

Contoh, saat mencari informasi tertentu, mereka akan membuka Google atau YouTube. Jika ingin mencari hiburan, masyarakat akan membuka Instagram dan TikTok—dan lain sebagainya. Untuk berkomunikasi, mereka akan membuka aplikasi WhatsApp atau Telegram.

Maka dari itu, Anda juga harus hadir dalam keseharian mereka. Makin dekat dan intens kehadiran bisnis Anda dengan hal-hal yang menjadi bagian personal sehari-hari target market, makin besar kemungkinan mereka mengenali produk Anda. Kalau sudah begitu, makin besar pula peluang Anda berhasil menjual produk dan mulai memperoleh pendapatan.

Keuntungan Lainnya

digital marketing jobSumber : Envato

Namun, peran digital marketing bukan cuma mendekatkan usaha Anda dengan target market. Selengkapnya, berikut beberapa keuntungan digital marketing lain yang akan Anda peroleh.

  • Memperluas pangsa pasar—internet dapat menghubungkan dan menyebarkan informasi mengenai keberadaan Anda ke berbagai kecamatan, kota, provinsi, pulau, hingga negara lain.
  • Efisien biaya, waktu, dan tenaga—Anda tak perlu lagi keluar uang untuk mencetak brosur dan menyebarkannya satu per satu dari rumah ke rumah. Cukup buat satu desain digital, lalu sebarkan hanya dengan satu klik di komputer.
  • Lebih tepat sasaran—seperti yang disebutkan sebelumnya, tiap channel telah memiliki karakter user masing-masing sehingga Anda juga bisa menyesuaikannya dengan target market yang diincar.
  • Dapat terukur dampaknya—Anda bisa melihat performansi dari kegiatan digital marketing yang dilakukan menggunakan beberapa tools yang tersedia sehingga tahu cara apa yang manjur dan tidak.

Jenis-Jenis Strategi Digital Marketing

digital marketing strategySumber : Envato

Ada beberapa jenis strategi digital marketing yang bisa Anda lakukan, tetapi tidak semuanya perlu Anda lakukan. Setidaknya, berikut adalah beberapa yang paling populer dan efektif dalam mencapai objektif pemasaran.

1.    Search Engine Optimization (SEO)

SEO biasanya merujuk pada Google sebagai search engine terbesar. Dalam teknik ini, Anda akan membuat bagaimana caranya situs web Anda muncul di peringkat teratas hasil pencarian saat seseorang mengetikkan kata kunci yang relevan dengan bisnis atau produk Anda.

2.    Pay per Click (PPC)

PPC merupakan bagian dari iklan dengan tujuan meningkatkan trafik ke situs web Anda. Seperti contoh, Anda menyebarkan iklan (berbayar) di Facebook. Seorang pengguna Facebook yang menemukan dan mengklik iklan tersebut akan otomatis diarahkan ke situs web Anda.

3.    Social Media Marketing

Social media marketing berarti cara Anda untuk memperkenalkan produk dan bisnis Anda kepada khalayak lewat media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, dan sebagainya.

4.    Content Marketing

Content marketing adalah cara menyebarkan promosi, meningkatkan leads, dan memperbanyak traffic ke situs web lewat berbagai konten, seperti artikel blog, konten di media sosial, podcast, dan sebagainya.

Digital marketing adalah bagian tidak terpisahkan dari sebuah usaha di zaman sekarang, terlepas dari seberapa besar atau kecilnya usaha tersebut. Jadi, cara digital marketing mana yang bakal jadi pilihan pertama Anda?

Untuk mendukung kelancaran digital marketing Anda, Nusanet siap membantu. Dengan pengalaman puluhan tahun melayani masyarakat Indonesia lewat layanan internet yang cepat, stabil, aman, dan servis 24 jam, Nusanet hadir mendukung pertumbuhan bisnis Anda lebih sigap di era digital ini.

One thought on “Mengenal Lebih Jauh Peran Digital Marketing dalam Perusahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *