Study Case Internet Down Pada Jam Tertentu

Study Case Internet Down Pada Jam Tertentu

  1. Issue
    Pada tanggal 22 Agustus 2020 dilakukan aktivasi baru untuk customer A. Customer menggunakan service paket Broadband Fiber Optic Home Standard up to 100 Mbps dengan menggunakan salah satu vendor Fiber Optic Nusanet.
    Kemudian mulai tanggal 24 Agustus customer mulai sering komplain masalah akses internetnya yang sering putus sambung dimulai dari jam 20.00 hingga pagi. Sementara akses internet lancar pada penggunaan dari pagi hingga siang hari.
  2. Action Yang Dikerjakan
    Pertama kali tim helpdesk Nusanet melakukan first handling dengan melakukan restart pada perangkat ONT, kemudian internet pun berjalan normal kembali. Tapi dari sisi vendor menginformasikan hasil pengecekan mereka normal.
    Helpdesk mencoba menyarankan agar dilakukan pergantian kabel, karena info customer saat menggunakan provider sebelumnya juga mengalami hal yang sama yaitu sering down di malam hari, tapi menurut informasi dari vendor, mereka sudah 2 kali melakukan pergantian perangkat ONT nya, dan kecurigaan mengarah pada masalah listrik di lokasi customer dan harus menggunakan stabilizer listrik, karena pada lokasi saat itu tidak ada stabilizer listriknya. Namun setelah dilakukan kunjungan lokasi oleh Tim Engineer Nusanet, kami menyimpulkan bahwa tidak ada masalah kelistrikan pada lokasi.


    Tim Helpdesk Nusanet kemudian mengupdate informasi tersebut ke pihak vendor, kemudian dari sisi vendor request agar dibuatkan tiket baru agar dilakukan pengecekan ulang kembali.


    Ketika dilakukan pengecekan kembali oleh tim vendor, tetap menyatakan link normal. Melihat kondisi berikut, maka pihak Nusanet kemudian melakukan pergantian router kemudian melakukan monitoring namun hasil tetap menunjukkan sama, internet tetap putus sambung pada jam tertentu khususnya pada malam hari. Action selanjutnya yang dapat Pihak Nusanet lakukan adalah melakukan kunjungan lokasi pada malam hari untuk memantau koneksi pada saat terjadi putus sambung.

    Tim Teknis Nusanet saat standby melakukan analisa dan troubleshooting di lokasi customer pada malam hari

    Pada saat internet lost (pada malam hari), ditemukan adanya indikasi bending dengan hasil -32.65 dBm, dari sini maka sudah jelas RFO (penyebabnya), selanjutnya tinggal melakukan recovery action yang dilakukan dari sisi Nusanet dan Vendor secara bersama-sama. Tim vendor melakukan penyambungan fiber disisi roset sebelumnya, dan membuat roset baru di dekat ONT untuk meminimalisir binding dan mengganti konektor dan join core ulang di splitter, sementara pihak nusanet melakukan pemantauan rutin pada link tersebut hingga koneksi benar-benar ok.

  3. Summary Insiden
    i. Insiden yang dilaporkan               : Akses Internet putus sambung saat malam
    ii. Tanggal pertama terima keluhan : 24 Agustus 2020
    iii. Tanggal Action terakhir               : 24 September 2020
    iv. RFO                                            : Redaman kabel FO tinggi saat malam
    v. Keterangan action                       : Rejoin core di splitter dan penggantian konektor di splitter.

Demikian study case diatas, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *