Penting untuk Kamu Tahu, Ini Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Internet Wireless

kelebihan dan kekurangan Wireless

Saat memilih layanan internet, kamu bisa mempertimbangkan pemakaian jaringan wireless. Ini kelebihan dan kekurangannya yang perlu kamu cermati.

Jaringan internet wireless atau WiFi saat ini jadi pilihan tepat dalam memenuhi kebutuhan akses berinternet harian. Kamu pun bisa memperoleh banyak pertimbangan paket layanan internet WiFi dari berbagai provider. Namun, kamu perlu tahu kalau wireless bukanlah jaringan yang sempurna. Ada kelebihan dan kekurangannya yang perlu kamu perhatikan. 

Dalam penerapannya, jaringan wireless dapat dibangun tanpa menggunakan kabel. Sebagai gantinya, jaringan tersebut memanfaatkan gelombang elektromagnetik. Setiap perangkat yang digunakan dalam jaringan wireless pun dilengkapi dengan antena yang berguna untuk menangkap gelombang elektromangnet dari udara. 

Kelebihan Jaringan Wireless

kelebihan dan kekurangan wireless

Sumber : Mentari Net

Terkait penggunaannya, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari jaringan internet wireless, di antaranya adalah: 

1. Aksesibilitas

Kelebihan pertama dari jaringan internet wireless adalah kemudahan dalam mengakses internet. Kamu tidak perlu menggunakan kabel untuk bisa berkomunikasi jarak jauh lewat internet. Sebagai gantinya, cukup mengaktifkan koneksi WiFi di perangkat dan menghubungkannya dengan jaringan. 

2. Proses Instalasi yang Mudah

Instalasi jaringan wireless relatif jauh lebih cepat dan mudah dibandingkan jaringan kabel. Tingkat keamanan saat proses pemasangan jaringan jadi lebih baik. Selain itu, pengaturan konfigurasi juga bisa kamu lakukan dengan gampang. 

3. Jangkauan Luas

Kamu juga akan memperoleh keuntungan terkait jangkauan akses internet. Jaringan wireless dapat dengan mudah menjangkau tempat-tempat yang sulit diakses dengan internet kabel. 

4. Fleksibilitas

Penggunaan jaringan internet dapat membantu para pengguna untuk bekerja secara fleksibel dari mana saja. Kamu bisa berinternet di mana pun, dengan catatan masih berada dalam jangkauan WiFi. 

5. Efisien

Jaringan wireless memberi kemudahan dalam proses transfer data. Komunikasi data secara wireless bisa berlangsung lebih cepat dan nyaman. 

6. Biaya Terjangkau

Keuntungan yang terakhir adalah terkait biaya. Proses instalasi jaringan wireless tidak memerlukan biaya besar, sehingga relatif lebih terjangkau. 

Kekurangan Jaringan Wireless

Sumber : Biznet Networks

Meski begitu, kamu juga perlu memahami adanya beberapa kekurangan terkait pemanfaatan jaringan internet wireless. Kekurangan tersebut antara lain adalah: 

1. Tingkat Keamanan

Proses instalasi dan pemeliharaan jaringan wireless perlu menjadi perhatian serius. Kalau tak dilakukan dengan baik, jaringan internet wireless memiliki tingkat keamanan yang sangat rentan. Hacker dapat dengan mudah terhubung ke jaringan dan sekaligus mengambil berbagai data penting yang ada di dalamnya. 

2. Bandwidth yang Terbatas

Dibandingkan dengan internet kabel, jaringan wireless punya kapasitas bandwidth relatif lebih kecil. Selain itu, bandwidth yang terbatas juga berpotensi dicuri oleh tetangga ketika jaringan tidak terlindungi oleh password yang kuat. 

Karena bandwidth yang terbatas, kapasitas pengguna internet dari jaringan wireless tidak terlalu banyak. Kalau angka penggunanya melebihi kapasitas, kamu bakal mengalami kesulitan dalam mengakses internet. 

3. Kecepatan

Kamu juga akan berhadapan pada tingkat kecepatan internet yang relatif lebih lambat dibanding internet kabel. Kecepatan transmisi data bergantung pada lokasi. Kalau memperoleh sinyal WiFi yang kuat, kamu bisa menikmati akses internet secara nyaman. Situasi sebaliknya bakal terjadi kalau kamu mendapatkan sinyal WiFi yang lemah.

4. Biaya Awal

Biaya instalasi jaringan wireless memang relatif terjangkau. Hanya saja, investasi awal yang perlu dikeluarkan untuk membangun jaringan tersebut sangat tinggi. Alasannya, jaringan wireless memerlukan perangkat yang lebih spesifik dibanding jaringan kabel. 

5. Rawan Gangguan

Terakhir, kamu perlu waspada terhadap berbagai gangguan koneksi internet. Ada banyak faktor eksternal yang dapat berpengaruh pada kualitas jaringan internet, termasuk di antaranya adalah hujan badai, kabut, radiasi, dan semacamnya. 

Itulah kelebihan dan kekurangan jaringan internet wireless yang perlu kamu perhatikan. Kamu pun bisa menggunakan informasi tersebut sebagai landasan dalam memilih paket layanan internet di rumah. 

Nusanet punya beberapa pilihan paket yang bisa kamu pilih. Kamu bisa menggunakan layanan internet Fiber Optic atau internet wireless. Apa pun pilihannya, kamu akan memperoleh koneksi internet yang andal dari provider berpengalaman Nusanet. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *