Mau Pasang WiFi Rumah? Yuk, Ketahui 5 Tips Memilih ISP yang Sesuai Kebutuhan

Pasang Wifi di Rumah

Punya rencana pasang WiFi internet di rumah? Jangan sembarangan pilih ISP. Ini lima tips penting memilih provider internet yang pas dengan kebutuhan.

Wifi Rumah

Sumber : Jalan Tikus

Internet saat ini sudah jadi kebutuhan penting dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Kamu pun perlu menggunakan layanan internet WiFi di rumah untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Kabar baiknya, saat ini kamu bisa menemukan banyak provider internet WiFi. 

  • Tips Memilih Internet Service Provider (ISP) WiFi di Rumah

Sumber : The Udaipur Store

Ketersediaan layanan provider internet yang beragam memang memberi keuntungan bagi pelanggan. Kamu punya kebebasan dalam memilih layanan internet WiFi yang sesuai dengan kebutuhan. Terkait hal ini, ada lima tips penting terkait pemilihan layanan internet WiFi terbaik, yaitu: 

  • 1. Cek Ketersediaan Jaringan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika mencari layanan internet WiFi untuk rumah adalah ketersediaan jaringan. Pastikan kalau perusahaan penyedia jasa internet yang diincar mempunyai jaringan di daerah kamu. 

Saat ini, kamu tak akan mengalami kesulitan dalam mencari informasi tentang jangkauan jaringan perusahaan jasa internet. Kamu dapat mengeceknya secara langsung di website resmi masing-masing. Dengan begitu, kamu pun akan memperoleh sumber data yang akurat. 

  • 2. Tingkat Pemakaian

Setelah mengetahui area coverage dari masing-masing perusahaan penyedia layanan internet, kamu perlu mencari tahu tingkat pemakaian internet di rumah. Untuk mengetahui tingkat penggunaan akses internet di rumah, ada beberapa pertanyaan yang perlu kamu temukan jawabannya, yaitu: 

  • Seberapa sering kamu menggunakan akses internet di rumah? Sesekali atau seharian penuh? 
  • Berapa orang yang memanfaatkan koneksi internet selama di rumah? Apakah kurang dari lima orang atau lebih banyak? 
  • Apa saja jenis perangkat yang digunakan untuk mengakses internet? Apakah hanya perangkat mobile atau ada juga perangkat desktop?
  • 3. Pilihan Paket Layanan Internet

Kamu sudah mengetahui tingkat kebutuhan layanan internet untuk seluruh anggota keluarga di rumah. Selanjutnya, kamu perlu menyesuaikannya dengan penawaran paket internet yang disediakan oleh perusahaan jasa internet. Pastikan bahwa paket internet yang kamu pilih menawarkan kecepatan yang memadai dan sanggup memenuhi kebutuhan keluarga. 

Selain itu, jangan hanya memperhatikan tingkat kecepatan internet yang ditawarkan. Kamu juga perlu memperhatikan aspek lain yang berpengaruh pada kenyamanan menggunakan layanan internet, di antaranya adalah: 

  • Stabilitas akses internet. Kamu bisa saja mendapati penawaran paket internet berkecepatan tinggi. Namun, kecepatan tersebut akan percuma kalau tidak dibarengi dengan koneksi yang stabil. 
  • Layanan support. Kualitas layanan pendukung menjadi aspek penting yang tak boleh kamu lewatkan. Pastikan kalau kamu bisa menghubungi pihak ISP dengan mudah ketika terjadi gangguan akses internet. 
  • Fitur pendukung. Faktor yang tak kalah penting adalah adanya fitur pendukung. Salah satu contoh fitur pendukung tersebut di antaranya adalah filter dan pemblokiran terhadap situs-situs yang tertentu. Fitur ini sekaligus berguna untuk waktu pemakaian internet. 
  • 4. Anggaran Bulanan

Kamu sudah mengetahui pilihan paket yang ditawarkan oleh ISP. Kamu bisa melakukan perbandingan terkait plus minus dari masing-masing paket. Tak menutup kemungkinan, kamu bakal tertarik dengan salah satu penawaran. Hanya saja, kamu perlu memastikan kalau paket tersebut tidak melebihi anggaran yang telah disiapkan. 

  • 5. Router Internet

Pertimbangan yang terakhir adalah terkait penggunaan router internet. Keberadaan router berpengaruh secara langsung pada kecepatan internet yang kamu rasakan. Kamu bisa menjumpai router yang mampu memberikan kecepatan internet mulai dari 300 Mbps hingga 1.900 Mbps. 

Biasanya, pihak provider akan menyediakan router secara gratis kepada para pelanggannya. Kamu bisa pula memilih untuk memakai router sendiri yang menawarkan kualitas lebih baik. Opsi lain, kamu dapat menggunakan beberapa router sekaligus. Menariknya, beberapa provider menawarkan pilihan paket internet yang disertai dengan beberapa router. 

Itulah lima tips penting yang bisa kamu perhatikan ketika memilih layanan internet WiFi untuk rumah. Dengan memperhatikan tips-tips tersebut, Nusanet jadi pertimbangan ISP terbaik yang bisa kamu pilih. 

Nusanet tak hanya punya beberapa pilihan paket. Fitur pendukung yang tersedia cukup lengkap, termasuk di antaranya adalah opsi penggunaan beberapa router sekaligus. Kamu pun bisa memilih paket internet yang sesuai dengan anggaran masing-masing. 

Semoga bermanfaat, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *